www.ah-plug.net23.net

Pages

Kamis, 01 Maret 2012

Teknologi Terbaru Robot Humanoid


EMIEW 2
Foto : Designboom.com
Ghiboo.com - Jepang kembali membuat terobosan untuk teknologi terbaru robot ciptaannya di kategori humanoid. Lewat perusahaan elektronik terkemuka, Hitachi, robot ini dibuat secanggih mungkin agar bisa mengenali wajah dan obyek.

Seperti dikutip dari Xinhuanet, Selasa (28/2), Hitachi memproyeksikan robot ini untuk bekerja di panti jompo dan rumah sakit di masa depan.

Perusahaan yang juga berbasis di Negeri Sakura ini telah mengembangkan robot bernama EMIEW 2 tersebut sejak tahun 2005. Peningkatan fitur ini bisa dilakukan berkat adanya dua buah kamera yang bisa mengenali obyek sehari-hari. Kamera tersebut nantinya akan membandingkan obyek yang dilihat dengan yang terdapat di database robot.

"EMIEW akan mengumpulkan gambar dari berbagai obyek di internet dan menyimpannya di database eksternal. Dan saat Anda menunjukkan sesuatu (kepada EMIEW) robot ini akan membandingkan warna dan bentuk dari obyek tersebut," ujar Takashi Sumiyoshi, peneliti dari Hitachi Central Research.

"Jika Anda mengucapkan nama obyek, EMIEW akan mencarinya dan membawa Anda ke tempat obyek itu berada," tambah Takashi.

Cara yang sama juga dilakukan untuk dapat mengenali wajah seseorang. Selain itu, robot ini juga dilengkapi dengan dua roda yang akan memudahkannya bergerak melewati manusia dan benda.

"Kami mengembangkan robot ini untuk memberi layanan pada manusia, maka ini harus mudah bergerak tanpa menabrak seseorang dan juga sangat ringan sehingga tidak berbahaya," pungkasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar