www.ah-plug.net23.net

Pages

Selasa, 28 Februari 2012

POCONG DAN KARUHUN TARAWANGSA:

halo nama gua riki, waktu itu gua sama keluarga pergi kebanten, gua sama keluarga liburan kesana, kerumah paman, disana suasananya enak, warganya ramah2, gua anak pertama disini, gua punya ade 2, yang satu namanya eza, dia paling besar, dan yang kedua namanya wike, dia yang paling bontot, pada suatu ketika gua inget sesuatu kalo dibanten ini ada kesenian yang dinamain kesenian tarawangsa, hari itu gua langsung ngajak eza buat nonton kesenian itu, dan yang paling menantang, kesenian itu digelarkan pada malam hari, dan juga pada malam2 tertentu, konon kesenian itu digelarkan untuk ritual supaya tidak ada makhluk jahat yang mengganggu desa, dalam kesenian ini, orang2 yang melakukan kesenian ini akan menari dengan alunan lagu atau musik yang santai, dan dengan alunan lagu yang kalo menurut gua alunan musiknya serem banget, jadi si orang2 ini akan menari dibawah alunan lagu, sampai diri mereka kerasukan dan mereka menari dengan sendirinya, dibawah tuntunan gaib, awalnya ade gua ga mau ikut, tapi pada saat gua bujuk2 lagi, akhirnya dia mau, singkat cerita kita udah nyampe ditempat kesenian ini digelar, dan ternyata sudah banyak orang yang datang, gua nyoba buat ngeliat kesenian ini dari paling depan, tapi ade gua penakut, dan akhirnya pun kita ngeliatnya dibagian tengah, kesenian ini pun dimulai, pada saat petikan kecapi berbunyi, bulu kuduk gua langsung merinding, dan dengan seketika hawa disitu berubah menjadi mencekam dan sepi, dan gua pun terheran heran, kok bisa ya? tanya gua didalam hati, pada beberapa saat kemudian, engga tau kenapa ade gua langsung menutup matanya dan langsung sembunyi dibelakang punggung gua, lalu gua tanya ada apa, tapi dia hanya menggeleng gelengkan kepalanya, dan gua putuskan untuk pulang saja, karena gua engga tega ngeliat ade gua ketakutan, beberapa saat kemudian, ketika kami diperjalanan menuju rumah, gua sama ade gua naek motor, berhubung tempat pagelaran dan rumah kita tidak dekat, kami pun memutuskan untuk melewati jalan pintas, yang gua tau jalan itu deket kerumah, tapi, jalan itu serem banget, dengan pohon2 bambu yang rindang, beringin, dan kebun pisang, kita pun nekat untuk pergi kejalan itu, ketika ditengah perjalanan, karena gua yang nyetir, ade gua langsung berteriak dan menenggelamka kepalanya kepunggung gua, gua pun langsung menghentikan motor gua, dan menanyakan ada apa, tapi dia tidak menjawab, didalam hati gua, pasti engga ada yang beres nih, gua pun langsung menyalakan motor gua, tapi nihil, motor gua mogok, ga bisa nyala, ya terpaksa, dengan keadaan yang engga memungkinkan, gua nyoba buat ngeliat apa sebabnya motor gua mogok, tapi, pada saat gua mau turun dari motor, gua ngeliat sosok yang dibalut, seperti... seperti pocong, iya pocong, gua ngeliat makhluk itu berada diselah selah pohon pisang, gua hanya bisa diem terpaku melihatnya, ya mungkin itu alesanya kenapa ade gua teriak, dan juga tadi pas ditempat pagelaran, mungkin pocong itu yang nampakin diri, pocong itu diam, seperti menunggu, tapi dia membelakangi kita, dia mengayunkan badanya kedepan dan kebelakang, gua langsung turun dari motor dan menarik tangan ade gua dan lari, untung ditengah jalan ada bapa2, rambutnya gondrong, berjenggot, dan dia berpakaian serba hitam, seperti seorang pemain silat, dan bapa2 itu bertanya ada apa, lalu gua jawab dengan singkat sambil ketakutan, gua jawab ada pocong, dan motor kita ditinggal, dan bapa2 itu mengajak untuk membawa motor kita, dan bapa2 itu berpesan untuk berhati hati dijalan, dan anehnya pocong tadi sudah tidak ada, dan gua pun berterima kasih kepada bapa2 itu, singakt cerita kita udah sampe dirumah, dan menceritakan semuanya kepada ayah, ibu, paman, bibi, dan semuanya yang ada dirumah itu, pada saat gua nyeritain tentang bapa2 yang tadi nolong kita, paman langsung memberitau, bahwa bapa2 itu adalah karuhun desa ini, dan dia mau menuju ke pagelaran tarawangsa yang tadi gua liat, katanya untung aja kalian bisa berpapasan dengan dia, dan kalian pun bisa selamat, dan ketika gua tau bahwa bapa2 itu adalah hantu juga, gua langsung lemes, dan gua langsung pergi tidur, dan mencoba ngelupain semuanya tentang kejadian tadi, itu pengalaman gua, yang pasti gua kapok, kapok banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar