www.ah-plug.net23.net

Pages

Rabu, 18 Januari 2012

alam

BANDUNG, suaramerdeka.com - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Tatang Kurniadi mengingatkan kondisi alam dan cuaca harus benar-benar disikapi secara arif oleh pelaku penerbangan. Hal tersebut dikatakan Tatang Kurniadi saat berbicara tentang angka kecelakaan udara sepanjang 2011 di Bandung, Rabu (18/1).
Menurut dia, frekuensi kecelakaan udara yang mencapai 30 kejadian tahun lalu menunjukan peningkatan dibanding sebelumnya. Kebanyakan kecelakaan itu melibatkan pesawat kecil terutama di Papua. Dibanding kecelakaan laut dan darat, Tatang menyebut kondisinya bertolak belakang. Kecelakaan laut dan darat bahkan mengalami penurunan.
Berdasarkan hasil investigasi, pesawat yang nahas itu laik terbang. Jam terbang pilot juga memadai. Persoalan yang kemudian menjadi sorotan adalah kontur alam dan cuaca. "Pilot perlu diberi kekuatan manajemen dalam menghadapi kontur alam dan cuaca, apa yang harus dilakukan, jangan dipaksakan," tandasnya.
Dia yang juga mantan pilot tak menampik wilayah Papua dan Sumatera memang memberikan tantangan bagi pilot. Hanya saja, pilot tetap mempunyai batasan. "Harus diingatkan, manusia tidak ada yang sempurna, ada human factor," katanya.
Dalam kaitan itu, dia meminta semua pihak mengedepankan faktor keselamatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar